OUTLINE PROPOSAL PENELITIAN
A. Judul : “Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Termokimia Di Kelas XI SMA N 1 Sunggal T.A 2011/2012 ”.
B. Latar
Belakang Masalah
Dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM),
dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat penting. Pendidikan merupakan
suatu sistem yang mempunyai komponen – komponen yang saling berkaitan untuk
mencapai suatu tujuan. Lemahnya pendidikan dapat dilihat dari rendahnya sumber
daya manusia itu sendiri, yang dibuktikan dengan kualitas pendidikan yang masih
rendah yang menjadi sorotan tajam
pemerintah, ini terlihat dari kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Hal
ini ditegaskan oleh Nurhadi (2004: 6 ) bahwa dalam laporan Human Development Report ( HDR ), peringkat HDI atau kualitas
sumber daya manusia Indonesia berada di urutan 105 dari 108 negara.
Pemahaman
terhadap teori kimia khususnya secara konvensional dilakukan dengan memahami
konsep kimia itu sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa kimia adalah merupakan
salah satu cabang ilmu sains yang banyak memuat konsep-konsep yang abstrak dan
perhitungan yang rumit. Disamping itu, pengajaran kimia selama ini lebih
menekankan aspek kognitif saja dalam cakupan materinya maupun proses
pembelajarannya sehingga siswa tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkan
daya nalarnya dan kesulitan memahami apa yang diajarkan oleh guru, padahal
penalaran dan pemahaman merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siapa saja
yang ingin menjadi professional dalam bidangnya. Kesulitan dan kegagalan siswa dalam belajar
disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam
kenyataanya kegagalan siswa dalam belajarnya hanya ditimpahkan sebagai
kegagalan yang disebabkan oleh siswa itu sendiri padahal kegagalan guru dalam
membelajarkan siswa, dan kekurangan guru dalam pengelolahan dan penetapan
strategi pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa.
Disamping itu,
ketidaktepatan pemilihan metode pengajaran yang dilakukan oleh guru menyebabkan
pelajaran kimia mendapat kesan kurang
baik bagi siswa. Sakkashiri mengatakan: ” penyajian materi kimia yang kurang
menarik dan membosankan,akhirnya terkesan angker, sulit dan menakutkan bagi
siswa, akibatnya banyak siswa SMA yang kurang menguasai konsep- konsep dasar
pelajaran kimia, sehingga siswa tersebut tidak tertarik lagi mempelajarinya”
(Sakkashiri dalam Jeni Rotua., 2002).
Advance
Organizer adalah sebuah
model pembelajaran yang membantu para siswa untuk mengorganisasikan informasi
yang menyambungkan ke struktur kognitif yang lebih luas dan menggambarkan
pengorganisasian yang disiplin. Dikembangkan oleh David Ausubel, Advance
Organizer adalah sebuah pengertian praktis dan teori belajar bermakna ”
(Kirkman & Shaw, 1947,p.3 ) ( M. Dell’Olio, 2007)
Dari penelitian sebelumnya oleh Mutiara
Agustina Nst, 2010 menunjukan hasil bahwa dengan model pembelajaran Advance Organizer
dengan peta konsep membantu meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan
reaksi redoks. Penelitian yang dilakukan oleh Mutiara Agustina Nst diperoleh
hasil nilai rata- rata kelompok siswa yang diterapkan Advance Organizer dengan
Peta Konsep dalam pembelajaran kimia adalah 63,88 sedangakan yang tidak
diterapkan Advance Organizer dengan Peta Konsep adalah 54,75. Dari hasil
penelitian tersebut dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat.
Berdasarkan beberapa penelitian tersebut, maka peneliti merasa tertarik untuk
menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa .
Pokok bahasan
termokimia salah satu pokok bahasan dalam kimia yang sangat bersifat abstrak
dan memuat perhitungan yang rumit sehingga siswa didalam memahami konsep sangat sulit. Maka dari itu saya selaku
peneliti ingin mengimplementasikan suatu model pembelajaran yaitu advance
organizer yang didukung oleh media peta konsep dalam upaya meningkatkan hasil
belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas , peneliti berkeinginan untuk
melaksanakan penelitian eksperimen dengan judul : ” Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Termokimia Di Kelas XI SMA N 1 Sunggal T.A 2011/2012 ”.
C.
Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: “Adakah
pengaruh model pembelajaran advance organizer yang didukung oleh media peta
konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Termokimia?
D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari hasil
penelitian ini adalah:
- Bagi
peneliti, hasil penelitian ini akan menambah wawasan, kemampuan dan
pengalaman dalam meningkatkan kompetensi saya sebagai calon guru.
- Bagi
guru kimia, hasil penelitian akan memberikan masukan tentang penggunaan
model pembelajaran Advance organizer dan media peta konsep dalam melakukan pembelajaran kimia
khususnya pada pokok bahasan Termokimia.
- Bagi
Siswa: menambah pengalaman, pengetahuan belajar serta menumbuhkembangkan
minat belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar