2.11.2012

outline penelitian


OUTLINE PROPOSAL PENELITIAN


A. Judul                     Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Termokimia Di Kelas XI SMA N 1 Sunggal T.A 2011/2012 ”.

B. Latar Belakang Masalah
Dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM), dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat penting. Pendidikan merupakan suatu sistem yang mempunyai komponen – komponen yang saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan. Lemahnya pendidikan dapat dilihat dari rendahnya sumber daya manusia itu sendiri, yang dibuktikan dengan kualitas pendidikan yang masih rendah yang  menjadi sorotan tajam pemerintah, ini terlihat dari kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini ditegaskan oleh Nurhadi (2004: 6 ) bahwa dalam laporan Human Development Report ( HDR ), peringkat HDI atau kualitas sumber daya manusia Indonesia berada di urutan 105 dari 108 negara.
Pemahaman terhadap teori kimia khususnya secara konvensional dilakukan dengan memahami konsep kimia itu sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa kimia adalah merupakan salah satu cabang ilmu sains yang banyak memuat konsep-konsep yang abstrak dan perhitungan yang rumit. Disamping itu, pengajaran kimia selama ini lebih menekankan aspek kognitif saja dalam cakupan materinya maupun proses pembelajarannya sehingga siswa tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkan daya nalarnya dan kesulitan memahami apa yang diajarkan oleh guru, padahal penalaran dan pemahaman merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siapa saja yang ingin menjadi professional dalam bidangnya. Kesulitan dan kegagalan siswa dalam belajar disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam kenyataanya kegagalan siswa dalam belajarnya hanya ditimpahkan sebagai kegagalan yang disebabkan oleh siswa itu sendiri padahal kegagalan guru dalam membelajarkan siswa, dan kekurangan guru dalam pengelolahan dan penetapan strategi pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Disamping itu, ketidaktepatan pemilihan metode pengajaran yang dilakukan oleh guru menyebabkan pelajaran kimia  mendapat kesan kurang baik bagi siswa. Sakkashiri mengatakan: ” penyajian materi kimia yang kurang menarik dan membosankan,akhirnya terkesan angker, sulit dan menakutkan bagi siswa, akibatnya banyak siswa SMA yang kurang menguasai konsep- konsep dasar pelajaran kimia, sehingga siswa tersebut tidak tertarik lagi mempelajarinya” (Sakkashiri dalam Jeni Rotua., 2002).
Advance Organizer adalah sebuah model pembelajaran yang membantu para siswa untuk mengorganisasikan informasi yang menyambungkan ke struktur kognitif yang lebih luas dan menggambarkan pengorganisasian yang disiplin. Dikembangkan oleh David Ausubel, Advance Organizer adalah sebuah pengertian praktis dan teori belajar bermakna ” (Kirkman & Shaw, 1947,p.3 ) ( M. Dell’Olio, 2007)
            Dari penelitian sebelumnya oleh Mutiara Agustina Nst, 2010 menunjukan hasil bahwa dengan model pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep membantu meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan reaksi redoks. Penelitian yang dilakukan oleh Mutiara Agustina Nst diperoleh hasil nilai rata- rata kelompok siswa yang diterapkan Advance Organizer dengan Peta Konsep dalam pembelajaran kimia adalah 63,88 sedangakan yang tidak diterapkan Advance Organizer dengan Peta Konsep adalah 54,75. Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat.
Berdasarkan beberapa penelitian tersebut, maka peneliti merasa tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa .
Pokok bahasan termokimia salah satu pokok bahasan dalam kimia yang sangat bersifat abstrak dan memuat perhitungan yang rumit sehingga siswa didalam memahami konsep  sangat sulit. Maka dari itu saya selaku peneliti ingin mengimplementasikan suatu model pembelajaran yaitu advance organizer yang didukung oleh media peta konsep dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas , peneliti berkeinginan untuk melaksanakan penelitian eksperimen dengan judul : ” Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Termokimia Di Kelas XI SMA N 1 Sunggal T.A 2011/2012 ”.
C. Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Adakah pengaruh model pembelajaran advance organizer yang didukung oleh media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan  Termokimia?

D. Manfaat Penelitian
            Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah:
  1. Bagi peneliti, hasil penelitian ini akan menambah wawasan, kemampuan dan pengalaman dalam meningkatkan kompetensi saya sebagai calon guru.
  2. Bagi guru kimia, hasil penelitian akan memberikan masukan tentang penggunaan model pembelajaran Advance organizer dan media peta konsep dalam melakukan pembelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan Termokimia.
  3. Bagi Siswa: menambah pengalaman, pengetahuan belajar serta menumbuhkembangkan minat belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar